Mau Jadi Anak Himpunan atau Non-Himpunan Jurusan ya? Apa Pengaruhnya ke Dunia Kerja?

Sesuai judul, saya akan mencurahkan seluruh pendapat saya tentang itu, mending jadi Anak Himpunan atau Non-Himpunan di Jurusan saat kuliah ya? Apa Pengaruhnya ke Dunia Kerja?

Saat ini, saya sudah bukan sebagai mahasiswi. Saya sudah lulus kuliah 7 tahun yang lalu dari salah satu Kampus di Bandung. Setelah lulus, saya sudah bekerja di 3 perusahaan, yaitu di Konsultan, Perusahaan Tambang Mineral dan saat ini di Perusahaan Minyak dan Gas Bumi. 

Dari sejak mahasiswi, saya selalu ingin menulis tentang judul ini. Namun saya tahan karena saya ingin buktikan ketika saya sudah bekerja. 

Dulu banyak teman yang bilang bahwa mahasiswa harus ikut anggota Himpunan di masing-masing jurusan. Kemudian mahasiswa yang tidak ikut anggota Himpunan (kita sebut Non-Himp) kesannya dianggap mahasiswa yang cupu, tidak dapat bergaul, tidak bisa bekerjasama, dan lain-lain yang cenderung negatif. Memang stigma tersebut tidak diucapkan dengan gamblang, namun dirasakan secara tersirat oleh semuanya. Sehingga ada yang merasa terpaksa untuk ikut Anggota Himpunan agar dapat masuk dan di anggap dalam keluarga besar jurusan. Tapi bisa jadi sekarang tidak seperti dulu lagi, saya kurang tau deh..

Saya sendiri dulu masuk ke dalam Himpunan salah satu jurusan, namun saya rasa saya bukan anggota yang aktif dalam himpunan. Saya aktif dalam sebuah organisasi di luar jurusan. Apakah dengan tidak aktif himpunan sangat berdampak ke dalam hidup saya setelah lulus seperti dunia kerja?? Faktanya yaitu TIDAK. 

Apakah kamu mau jadi anak Himpunan ataupun Non-Himp, yang penting pilih mana yang kamu nyaman, happy dan tidak ada keterpaksaan agar hidup kamu sebagai mahasiswa bahagia! 

Himpunan Jurusan itu memang tempat yang bagus untuk mahasiswa memiliki pengalaman dalam bekerjasama dan berorganisasi. Namun untuk mendapatkan pengalaman itu, bisa didapatkan darimana saja yang tidak harus dari Himpunan. Kamu bisa ikut Unit Mahasiswa, Organisasi Relawan di luar kampus, Grup Pecinta Novel, Grup Musik, English Group Discussion, Grup Pecinta Kucing, dan sebagainya. 

Tujuan saya dulu aktif berorganisasi saat kuliah yaitu:

  1. Saya bisa ngobrol dengan teman-teman yang cocok
  2. Saya bisa saling berbagi dan mendapatkan informasi yang berbeda-beda 
  3. Bisa belajar hal-hal yang baru diluar jurusan
  4. Saya dapat secara nyata berkontribusi ke sekitar
  5. Saya dapat menyalurkan apa yang saya suka
  6. Bisa santai dan main-main (soalnya kuliah udah pusing)
  7. Sekaligus juga belajar berkomunikasi dan bekerjasama team work
  8. Berjaga-jaga agar ada minimal 1 organisasi yang bisa ditulis dalam CV kerja ketika berjualan saat melamar kerja (Fakta nyari kerja susah :P)
Simpel kan hehe. Saya cuma anak standar dan bukan tipe yang ambisius. Ada juga teman yang memilih aktif di Himpunan sekaligus organisasi di luar himpunan dan itu sangat super. Tapi, Who Cares? Just Be Yourself. Ikuti apa kata hatimu dan sesanggup kamu. 

Lalu, dunia kerja juga sangat berbeda dengan dunia kerja di Himpunan. Inti meraih keSUKSESan di Dunia Kerja yaitu "MAU BELAJAR, BERANI BERBICARA, JUJUR, LOW PROFILE dan TETAPKAN ROLE MODEL", at least ini definisi saya sendiri sih arti sukses itu apa, setidaknya saya bekerja tidak pernah menjatuhkan orang lain.

Satu hal yang bisa kamu latih di dalam Himpunan atau Organisasi di Kuliah yaitu BERANI BERBICARA. Jika kamu merasa saat sekarang menjadi mahasiswa, ataupun yang sudah lulus tidak sempat dan merasa tidak nyaman ikut organisasi saat kuliah, tidak ada kata terlambat untuk Belajar Berbicara setelah lulus atau langsung di saat masuk ke dunia kerja. Hal ini sangat bisa dilatih seiring waktu berjalan. 

Namun, untuk hal MAU BELAJAR, JUJUR, dan LOW PROFILE adalah sesuatu yang tidak bisa didapatkan dengan menjadi anggota Himpunan ataupun Organisasi lainnya, karena itu datang dari Karakter dan Kemauan kita. Alhamdulillah saya masuk ke Perusahaan Swasta yang tidak terlalu banyak penjilat sehingga ketiga poin itu penting dalam bekerja. Saya melihat beberapa karyawan yang Tidak Mau Belajar, Tidak Jujur dan Sombong berada di posisi jabatan yang tidak ada peningkatan dalam waktu yang lama. 
Jika Mau Belajar, Kamu Akan Terus Berkembang Dalam Bidang Keahlianmu.
Jika Jujur, Semua Orang Akan Menaruh Kepercayaan Padamu.
Jika Low Profile, Semua Orang Akan Respect Terhadapmu.

TETAPKAN ROLE MODEL.. tips ini baru saya dapatkan dan rasakan nyata ketika bekerja. Ketika kita dalam titik terendah atau kesulitan dalam bekerja, bayangkan seseorang yang menurut kamu dapat menghandle kesulitan itu dan bagaimana orang itu bisa keluar dalam kesulitannya. Orang yang kamu bayangkan itu adalah ROLE MODEL kamu. Hal ini sangat sering saya terapkan dan sangat nyata membantu keluar dalam kesulitan bekerja. 

Jika sudah sukses bekerja, punya dana sendiri, bisa lanjut nyoba bisnis atau sekolah lagi dan bantu sesama.. Aamiin.

Jadi.. Mau jadi Anak Himpunan atau Non-Himp nih? Intinya yang harus kamu pikirkan, apa tujuan kamu mengikuti himpunan? Karena memaksa diri untuk mengikuti Himpunan Jurusan tidak akan berpengaruh besar terhadap kehidupan kamu setelah lulus. Yang penting kamu ikuti perkumpulan yang membuat kamu nyaman, bahagia dan berdampak positif untuk kamu. Jika kita nyaman, melakukan segala hal pasti akan bahagia :)

Semoga dapat membantu.

Cheers

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nikmatnya Refleksi di Zen

All You Can Eat!! Dimsum Eastern