Pengelaman Open Trip Jazz Gunung Bromo 2017

Halo semuaa :D

sudah lama nih saya gak ngeblog.
Dulu waktu jaman kuliah lumayan lah rajin ngeblog buat meningkatkan kemampuan menulis.. (padahal nulisnya juga gak formal ya haha).

Sekarang saya sudah kerja di tengah hutan Kalimantan jadi gak sempat lagi buat nulis blog. Jadi kenapa sih saya nulis lagi?

Bgini.. saya disini ingin bercerita mengenai pengalaman jalan-jalan yang sedikit mengecewakan ketika lagi off kerja.

Ceritanya saya penggemar jazz nih (ketularan temen sih), jadi kemarin tanggal 18-19 Agustus 2017 ada Jazz Gunung Bromo yang diadakan di gunung tersebut. Saya dan teman berencana nonton event tersebut karena penasaran banget kayaknya asyik nonton jazz dengan pemandangan gunung dan sejuk. Kami juga penasaran dengan gunung Bromo. Karena kami bingung merencanakan tripnya, akhirnya kami mencoba open trip yang menyediakan paket Jazz Gunung Bromo + Jalan-jalan di Bromo. Cari-cari lah di internet, ada yang kami mau tapi sudah full booked. Akhirnya kami menemukan satu open trip yang menyediakan sesuai keinginan kami. Open trip yang kami pilih dapat dilihat di alamat http://bromomalangtour.com/jazz-gunung-bromo/. Paket yang kami pilih yaitu  Paket Open Trip Jazz Gunung Bromo 2 Hari 1 Malam (19-20 Agustus 2017). Berikut detail paket yang saya pilih:

19 Agustus 2017 (Penjemputan - Penginapan - Jazz Gunung)
08.00 - Start penjemputan di meeting point (Surabaya)
09.00 - Start perjalanan menuju kawasan Gunung Bromo
13.00 - Check in penginapan
13.30 - Menuju Venue Jazz Gunung
14.00 - Menikmati Jazz Gunung hingga malam hari (pkl 22.00)
22.00 - Kembali ke penginapan, istirahat

20 Agustus 2017 (Tour Bromo - Drop Off)
02.30 - Menuju view point sunrise penanjakan
03.30 - Tiba di view point penanjakan
06.00 - Menuju kawah bromo
07.00 - Tiba di kaki gunung bromo
09.00 - Menuju Pasir Berbisik, Savana, Bukit Teletubis
10.00 - Kembali ke penginapan
11.00 - Kembali ke Surabaya
15.00 - Tiba di Surabaya

Fasilitas yang diberikan :
- Akomodasi Hotel 1 Malam di Sion View
- Jeep di Bromo ke 4 lokasi
- Transport antar jemput Surabaya (Sopir + BBM + AC)
- Tiket masuk bromo dan tiket jazz gunung
- Parkir tol
- Air mineral selama perjalanan

Setelah kontak dengan CPnya (Pak E*o) serta segala persyaratan lainnya sudah terpenuhi, akhirnya kami dapat berangkat kesana sesuai paket tersebut.

Driver Tidak Standby
Kami dijemput di Surabaya sesuai jadwal yaitu jam 08.00 WIB. Di mobil sudah menunggu orang lain yang mengikuti paket tersebut juga. Kemudian kami langsung meluncur ke Gunung Bromo. Perjalanan dari Bandara Surabaya menuju Gunung Bromo diperkirakan ditempuh selama 4 jam sudah termasuk makan di jalan. Sesampai di hotel, kami disuruh menunggu kamar karena masih dibersihkan. Kemudian kami dipersilahkan masuk ke kamar untuk meletakkan barang dan bersiap-siap pergi ke Jazz Gunung. Sampai di event Jazz, saya bertanya lagi kepada driver (Pak E*i) bagaimana dengan kepulangan kami, mobil diparkir dimana, dan sebagainya. Jawaban Pak E*i hanya berkata, "Santai aja Mbak, nanti kalau mau pulang telepon saya aja nanti saya kasih tau dimana lokasinya". Kemudian kami semua menikmati pertunjukkan Jazz Gunung. Ternyata acaranya terlambat sekitar sejam sehingga selesainya juga lebih malam lagi yaitu sekitar jam 23.00 WIB. Ketika artis terakhir yang baru mulai sekitar jam 22.00 WIB, saya sudah tidak kuat karena suhunya sangat dingin. Jadi saya dan teman memutuskan untuk keluar jam 22.30 WIB agar keluarnya juga tidak desak-desakan. Kemudian saya telepon Pak E*i, loh kok HPnya tidak aktif. Saya telepon berkali-kali tidak bisa dihubungi. Saya cari mobil yang sesuai deskripsi tapi tidak ada. Terlebih lagi diluar ternyata lebih dingin lagi karena sedikit orang yang ada. Teman saya akhirnya cari sampai keluar area, akhirnya menemukan bisnya namun tidak ada orangnya. Kami menanyakan ke bosnya (Pak E*o) kok drivernya tidak bisa dihubungi. Ternyata kata Pak E*o orangnya ketiduran di mobil inova.. Tetap sih gak menyelesaikan masalah... Akhirnya kami nunggu sampai jam 23.15 WIB dan peserta yang masih di dalam juga akhirnya keluar karena acara jazz sudah selesai dan ikut menunggu bis yang tidak tahu orangnya kemana. Akhirnya orangnya terbangun, mulai menyalakan mesin mobil dan kembali ke hotel. Itu kekecewaan saya yang pertama..

Mobil Penjemputan Pulang Tidak Disediakan dan Dipaksa Ikut Mobil Paket Tour Lain
Kami istirahat di kamar. Berdasarkan jadwal, pergi ke tempat sunrise seharusnya jam 02.30 WIB. Saya sudah pasang alarm, jam 02.30 WIB saya sempat cek tapi sepertinya belum ada orang. Karena dinginnya cuaca dan masih lelah event sebelumnya, saya lebih memilih nunggu di kamar hingga dipanggil. Baru dipanggil lagi jam 03.30 WIB, itu pun mungkin karena peserta yang lain inisiatif bertanya ke travel kapan perginya. Akhirnya kami pergi ke tempat sunrise. Kegiatan di hari kedua ini kami semua peserta bersepakat untuk tidak perlu lama-lama di spot foto dari tempat sunrise hingga Bukit Teletubis karena kami memilih ingin istirahat di hotel hingga penjemputan kembali pukul 11.00 WIB. Akhirnya hunting foto di gunung Bromo kami selesaikan hingga pukul 08.00 WIB sudah sampai hotel. Namun sesampai di hotel, kami diberitahu oleh Pak E*i bahwa karena trip kami sudah selesai, kami diikutkan penjemputan kembali ke Surabaya menjadi jam 09.00 WIB bersama dengan peserta paket yang 3 hari dan akan ke Madakaripuran dulu. Kami berencana tidak ingin ikut jam 09.00 WIB karena di jadwal kan sebetulnya masih jam 11.00 WIB pulangnya. Jadi kami santai saja di kamar. Taunya kami diketok di kamar jam 09.00 WIB kalau kami harus ikut yang jam tersebut. Saya bertanya, "Kami kan tidak ikut paket yang 3 hari dan harus ke Madakaripura dulu, nanti kami gimana disana nongkrong aja??". Kemudian driver berkata, "Gak papa Mbak, Mbak ikut aja jalan-jalan ke Madakaripura nanti". Saya berpikirnya, oh berati kompensasinya bonus nih jalan-jalan ke Madakaripura. Yaudah akhirnya saya ikut aja. Ketika sudah sampai Madakaripura, ternyata kami disuruh bayar lagi Rp. 125.000,00 untuk bisa masuk ke tempatnya. Kan males ya, kami bayar bukan paket itu kok, jangan-jangan kalo kami bayar malah lebih mahal daripada peserta yang ikut paket itu. Saya nanya, "berapa lama mereka jalan-jalan disana?". Driver berkata, "Cuma 1 jam saja kok". Yasudah kami tunggu kalau cuma 1 jam dan tidak ikut ke Madakaripura. Kami tunggu dari jam 10.00 WIB hingga 11.00 WIB ternyata peserta tidak kunjung balik. Hingga akhirnya ternyata baru balik jam 13.00 WIB. Kami sangat kesal dan kecewa. Kami disuruh istirahat menunggu orang jalan-jalan di kios-kios pinggiran selama 3 jam. Mending kami istirahat di hotel. Kenapa paket yang berbeda kegiatannya tidak dibedakan juga transportasinya. Uang kami untuk membayar transportasi pulang pergi dikemanakan?? Kami juga merasa diburu-buru karena kegiatan jauh sesuai dengan jadwal yang diberitahukan. Driver seperti tidak ada merasa bersalahnya sama sekali dan tidak ada permintaan maaf satupun kepada kami. Kami juga harus proaktif menanyakan kegiatan sedangkan travel seperti santai-santai saja. Sampai akhirnya kami baru tiba di Surabaya sekitar jam 16.00 WIB. 

Yah begitulah pengalaman saya pertama kali Open Trip dapet travel yang agak mengecewakan. Saya tidak tahu apakah paket lain pada tour travel tersebut seperti ini juga atau tidak. Tapi lain kali, pengalaman ini akan saya jadikan pelajaran jika mau open trip, mungkin lebih baik nanya teman saja yang pernah ke tempat tersebut dan dapat menjamin bahwa pelayanan tour baik, atau bisa juga sudah banyak mengomentari kalau tour travel tersebut bagus. Karena menurut saya, kebahagiaan dan kepuasan dari perjalanan menggunakan Open Trip juga sangat dipengaruhi oleh tingkat pelayanan dari Tour Travel yang kita ikuti. Seperti kemarin, sebetulnya acara Jazz Gunung dan trip ke Bromonya itu sangat menyenangkan, namun karena diperlakukan seperti itu oleh tour travel akhirnya kesenangan itu hilang semua.. 

Ini kalau mau liat foto Jazz Gunung di malam hari dan sunrise di Bromo, keren banget!


Semoga cerita saya dapat memberikan teman-teman tips untuk yang mau mencoba ikut Open Trip biar jangan jadi sedih di akhirnya. Mohon maaf jika ada yang tersinggung dari tulisan saya ini karena disini saya hanya berbagi informasi mengenai pengalaman open trip kepada teman-teman :)

Salam Travelling :D


Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Sedang mencari paket wisata gunung bromo. kami menyediakan paket wisata bromo gratis dokumentasi drone

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nikmatnya Refleksi di Zen

Mau Jadi Anak Himpunan atau Non-Himpunan Jurusan ya? Apa Pengaruhnya ke Dunia Kerja?

All You Can Eat!! Dimsum Eastern