Argo Parahyangan Priority KAI

Halooo semuaa!!

Sudah lama saya tidak posting karena gak ada ide.
Kebetulan sekarang saya ada ide nih tentang pengalaman saya naik kereta super keren!

Jadi sekarang saya kerja di Jakarta. Biasanya weekend saya pulang ke Bandung naik kereta jadi saya termasuk orang yang hunting tiket kereta kayak orang gila. Kenapa kayak orang gila?? Mungkin orang yang udah sering naik kereta Jakarta-Bandung atau sebaliknya juga mengerti kalau tiket kereta api jurusan Jakarta-Bandung super cepat habis bagaikan kecepatan cahaya (wussshhh). Orang-orang biasanya sudah beli tiket dari 3 bulan sebelum keberangkatan meskipun gatau bisa pulang atau engga. Gila kan! Kalau saya penganut strategi mantengin tiket-tiket yang dicancel pas udah mau berangkat, biasanya muncul 1 atau 2 seat di aplikasi KAI. Kalau udah kayak gitu jari saya harus cepat-cepat klik itu seat meskipun biasanya udah keduluan orang lain yang sama kayak saya ngincer seat cancelan. Tapi akhirnya saya dapat saja karena kegigihan saya mantengin itu aplikasi KAI (atau karena lucky haha...).

Berhubung mau libur lebaran 2018, saya gak jadi penganut sistem tiket cancelan karena saya tahu pasti gamungkin banget dapet tiket pas lebaran dengan cara bergitu. Jadi dari bulan Maret saya sudah beli tiket KAI Jakarta-Bandung. Pas bulan Maret saya cari tuh, semua tiket reguler juga sudah kejual habis!! Namun ada satu tipe yang masih ada, yaitu tiket kereta Argo Parahyangan Priority. Mengapa tiket ini masih tersisa? Menurut analisis saya karena tiketnya super mahal! Biasanya tiket reguler eksekutif paling mahal 120 ribu, yang priority ini harganya 300 ribu! Jauh banget kan. Makanya masih sisa banyak. Tapi karena hanya tersisa itu dan saya juga penasaran gimana sih rasanya naik kereta api seharga 300 ribu cuma untuk rute Jakarta-Bandung, akhirnya saya beli saja. Setidaknya juga sudah tenang dapet tiket kereta api lebaran. 

Kemarin tanggal 8 Juni akhirnya saya cobain tuh kereta. Saya bingung gerbongnya yang mana. Setelah saya tanya petugas, ternyata gerbongnya berada di posisi paling depan. Ketika saya jalan kesana, ternyata gerbongnya warna coklat elegan dan ada seperti pramugara cakep gitu. Saya tanya ternyata gerbongnya masih dirapihkan dulu jadi belum bisa masuk. Jadi saya tunggu dulu diluar bersama orang-orang lainnya. Ni saya sempat foto gerbongnya.


Setelah selesai dirapihkan, kami dipersilahkan masuk ke dalam gerbong. Pas masuk gerbong, saya sudah shock duluan sama dinding koridor dan lantainya. Dindingnya terbuat dari kayu dan lantainya karpet dengan motif elegan. Berikut foto koridornya :D


Kemudian saya masuk ke dalam lagi, dan lagi-lagi bikin saya shock. Keren buanget! Desain gerbong elegan dengan balutan warna coklat kayu, setiap kursi ada monitornya, kursinya nyaman, space antar kursi juga luas, dikasih bantal, beuh pokoknya keren deh!


Terus pas sudah duduk, saya langsung coba-coba monitornya. Ada 3 pilihan yang dapat kita coba, Movies, Audio, dan Helps & Info. Filmnya macem-macem, tapi kebanyakan film animasi disney. Di fasilitas ini ada 2 kekurangannya. Kebetulan monitor saya sepertinya agak lelet, kalau diklik responnya lama banget. Kemudian pas nonton filmnya juga suka berhenti seperti loading. Saya sudah coba ganti-ganti film semuanya sama. Akhirnya saya juga gak coba audionya karena sudah keburu males nunggunya kelamaan. Namun sepertinya hanya punya saya yang aneh karena lirik-lirik punya orang sebelah dan orang depan sepertinya sih lancar banget. Jadi mungkin saya gak hoki aja.
Kekurangan kedua yaitu tidak disediakan headphone/earphone. Jadi bagi orang yang gabawa earphone ya cuma bisa nonton gambar doang. Fasilitasnya kan jadi nanggung kepakenya. Saran kalau mau nikmatin filmnya harus bawa earphone yaa.

Ketika kereta sudah berjalan, ada 2 pramugara (kalau di kereta pramugara juga kan?? haha) datang membagikan botol minum, snack, dan teh/kopi panas. Keren pisun cuy. Jenis snacknya juga banyak, ada roti Holland Bakery isi keju 2, oat biscuit Heavenly Blush 1, kurma 1 pack, dan permen mint 2. Lumayan banget kan enak semua. 

Setelah itu, saya menikmati perjalanan hingga Bandung dengan tenang dan nyaman.
Namun ada satu lagi yang kurang, jadi di gerbong ini tidak ada pemberitahuan jika kereta sudah akan sampai tujuan. Jadi kan saya ketiduran tuh, eh tiba-tiba sudah sampai ke stasiun Bandung saja. Ada orang yang sempat protes ketika sampai stasiun Cimahi baru dikasih tahu pas sudah sampai. Yah menurut saya harus diperbaiki sedikit untuk penambahan sound system pengumuman itu. 

Overall, puas sih dengan pengalaman menggunakan kereta api Argo Parahyangan Priority. Meskipun masih banyak yang menurut saya harus diperbaiki, tapi saya bangga kita sudah punya kereta yang fasilitasnya udah kayak pesawat Garuda. Temen-temen kalau mau nyobain kereta ini boleh banget karena bakal jadi pengalaman berharga. Tapi gausah sering-sering soalnya nanti tekor dompet :D

Selamat mencoba yah!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nikmatnya Refleksi di Zen

Mau Jadi Anak Himpunan atau Non-Himpunan Jurusan ya? Apa Pengaruhnya ke Dunia Kerja?

All You Can Eat!! Dimsum Eastern